4 Cara Agar Anak Mudah Berkomunikasi

Komunikasi merupakan cara untuk membangun ikatan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kita. Dengan adanya komunikasi yang baik, kita diharapkan mampu mengungkapkan maksud dan pikiran kita kepada orang lain dengan baik pula.

Hal ini pun juga berlaku pada anak-anak.

Melalui komunikasi yang terjalin dengan baik, kita dan anak-anak akan belajar untuk saling memahami apa yang dimaksudkan atau apa yang diinginkan.


Anak-anak yang mempunyai kecerdasan linguistik yang baik, cenderung akan bisa berkomunikasi secara verbal dengan baik. Mereka akan bisa menyampaikan maksud dan keinginan kepada orang lain secara lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang kecerdasan linguistiknya masih kurang.

Sebagai orang tua, tentunya kita harus bisa mendukung kemampuan anak tersebut dengan melakukan komunikasi yang baik pula dengan mereka. Lalu, apakah ada usaha-usaha yang tepat agar buah hati kita bisa berkomunikasi dengan baik terhadap orang lain yang ada di sekitarnya.





Berikut usaha-usaha yang bisa dilakukan oleh orang tua.

4 Cara Agar Anak Mudah Berkomunikasi


1. Memberikan kasih sayang dan perhatian.

Kasih sayang addalah kebutuhan mutlak bagi seorang anak. Jika kita mengabaikan mereka, hal ini bisa menimbulkan kebencian, sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang tertutup dan enggan berkomunikasi dengan orang lain.

2. Menjadi pendengar yang baik.

Jadilah pendengar yang baik untuk setiap hal yang dikatakan oleh anak-anak. Pada umumnya, sebagai orang tua, kita ini lebih banyak ingin didengar daripada mendengar.

Misalnya saja terlalu sering menasehati atau berkomentar ini dan itu, padahal anak-anak pun ingin didengar juga.



Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berusaha menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak kita agar mereka bisa mencurahkan segala perasaannya dengan leluasa kepada kita.

Alangkah baiknya, apabila kita ingin memberikan nasehat kepada mereka, kita harus memilih waktu dan suasana yang tepat untuk menyampaikannya.

3. Mendorong anak untuk berani berbicara.

Meskipun buah hati sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain secara baik, kita harus tetap memotivasinya agar lebih berani lagi berbicara mengemukakan pendapatnya.

4. Menjaga ekspresi.

Ketika sedang berkomunikasi dengan anak-anak, sebaiknya kita menjaga ekspresi dari kesan serius, baik pada wajah maupun suara. Kita harus mencoba untuk tetap tersenyum dan menunjukkan keceriaan dengan tujuan agar anak merasa nyaman ketika berkomunikasi dengan kita.

Kalau anak kita sudah terbiasa dengan orang yang biasa dikenal, alangkah baiknya memberi dorongan kepada anak untuk berbicara dengan orang yang tidak dikenalnya.

Related Posts:

0 Response to "4 Cara Agar Anak Mudah Berkomunikasi"

Posting Komentar

Label