Agar Anak Suka Pelajaran Matematika

Bagi sebagian anak, akan timbul bayangan yang menakutkan ketika mendengar kata matematika. Ada banyak alasan mengapa mereka cenderung menghindari pelajaran ini.

Ada anak yang benar-benar memang tak suka menghitung, ada pula anak yang takut belajar matematika karena selalu dimarahi ketika melakukan kesalahan, dan berbagai alasan lainnya.


Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku dan tidak mempan pada anak yang mempunyai kecerdasan matematika logis yang baik.

Ketika anak yang lain berusaha untuk menghindari atau menjauhi pelajaran matematika, anak yang cerdas matematika logisnya baik, justru bersikap sebaliknya. Mereka akan sangat suka pada matematika atau mata pelajaran lain yang berhubungan dengan angka.

Malah mereka minta jam pelajaran matematikanya ditambah.

Selain matematika, anak yang cerdas secara matematika logis, juga sangat suka dengan mata pelajaran yang ada hubungannya dengan olah angka. Seperti mata pelajaran sains yang terbagi menjadi kimia, biologi dan fisika. Bagi mereka, belajar dengan angka itu tidak sulit dan sangat menyenangkan.





Agar Anak Suka Pelajaran Matematika


Sebenarnya, menjadikan anak agar menyukai matematika bukanlah hal sulit. Sejak kecil, kita bisa melibatkan anak dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan hitungan.

Misalnya, menghitung boneka yang dimiliki, menghitung kursi makan, menghitung piring yang ada di atas meja, dan sebagainya. Melalui pembiasaan ini sebenarnya kita sudah mengajarkan anak untuk dengan matematika.

Perlu diingat, dorongan positif dan motivasi merupakan sesuatu yang penting terhadap proses belajar, salah satunya belajar matematika.



Hal ini akan membuat anak menjadi paham tentang harapan yang kita inginkan dari mereka. Sehingga mereka pun selalu terdorong untuk mencapainya.

Ketika anak mendapatkan nilai yang baik atau dapat mengerjakan tugas matematika dengan cepar dan tepat, kita harus memberikan penguatan positif atau penghargaan kepada mereka.

Penghargaan sesederhana apapun yang kita berikan kepada anak, akan sangat bermakna bagi mereka dan bermanfaat untuk menjaga semangatnya dalam belajar matematika.

Related Posts:

0 Response to "Agar Anak Suka Pelajaran Matematika"

Posting Komentar

Label