Cara Mengajari Anak Etika Bersepeda

Apakah anak Anda sudah mahir bersepeda?

Sudah saatnya memperkenalkan kepada anak etika dalam bersepeda, yang pada sesi luasnya diperkenalkan pula etika dalam berlalu lintas buat buah hati.


Selain memberikan pengalaman dan pemahaman, orang tua bisa menjelaskan sebab akibat, dengan memberikan contoh yang baik dalam berkendara atau menggunakan fsikitas umum.

Orang tua bisa memberikan pola permainan atau diskusi yang akan membuat anak mudah dalam mengingat apa yang harus dilakukan. Yang terpenting pada saat mengajarkan sesuatu kepada anak, berikan informasi yang benar dan lakukan secara konsisten.




Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengajari etika pada anak saat bersepeda.

6 Langkah Cara Mengajari Anak Etika Bersepeda


1. Memakai helm.

Biasakan anak untuk memakai hel saat bersepeda guna melindungi kepala. Bisa ditambahkan memakai baju lengan panjang, celana panjang dan sepatu tertutup untuk menghindari luka atau lecet saat jatuh.

2. Tempat yang aman untuk bersepeda.

Carilah tempat yang aman untuk anak bersepeda. Idealnya di lapangan berumput yang cukup luas dan rata karena rumput sebagai bantalan agar tidak terlalu sakit saat jatuh.

Bila tidak ada, bisa dilakukan di lapangan atau di jalan. Yang penting, tempatnya luas, permukaannya rata dan tidak ramai dengan kendaraan lain.


3. Pakaian terang.

Kenakan pakaian yang terang, jika perlu dengan warna yang mencolok dengan tujuan agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

4. Mengontrol laju sepeda.

Ingatkan anak agar selalu mengontrol laju sepedanya, tidak mengebut, tidak ugal-ugalan. Beri ruang untu pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya.

Beritahu anak jarak aman antara dirinya sendiri dengan pengendara lain. Juga jaga jarak dengan tepi trotoar.

5. Lampu penerangan.

Jangan biarkan anak bersepeda pada kondisi penerangan rendah atau gelap tanpa lampu sepeda depan, belakang dan reflektor.

6. Bunyikan bel jika darurat.

Ingatkan anak untuk membunyikan bel atau klakson dalam kondisi darurat. Jelaskan fungsi bel sebagai peringatan kepada pemakai jalan di depan anak agar memberi jalan atau hati-hati.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengajari Anak Etika Bersepeda"

Posting Komentar

Label