5 Cara Agar Anak Tidak Selalu Mengalah

Memang bukan hal yang mudah untuk menyuruh si kecil mengalah kepada adik, kakak, teman, atau orang yang lainnya. Hal tersebut terkadang malah bisa membuat anak ngambek.

Bukan saja ngambek, malah ada yang menangis bahkan hingga marah. Ketika ngambek, anak bisa mengurung diri di kamar, bisa juga kabur dari rumah ke kebun.

Untuk mengajarkan si kecil mau mengalah adalah hal yang baik. Tapi bagaimana jika si kecil justru selalu mengalah terhadap teman-temannya.

Bahkan seolah-olah si kecil seperti anak yang "Tertindas", terus saja mengalah. Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh orangtua. Lalu bagaimana agar anak tidak melulu mengalah?

Berikut penjelasannya.


1. Bangun rasa percaya diri.

Seringkali anak selalu mengalah terhadap anak lain karena ia tidak berani menampilkan dirinya sendiri, apalagi melawan orang lain yang dirasakan mengganggunya.

Untuk itu, bantu anak membangun rasa percaya dirinya. Jelaskan bahwa ia mempunyai kemampuan sama seperti teman-teman bermain di lingkungannya.

2. Beri kesempatan bersosialisasi.

Adakalanya anak kurang mendapatkan kesempatan berinteraksi sosial dengan anak sebays di lingkungannya. Si kecil jadi kurang pergaulan, pemalu dan kurang percaya diri untuk berinteraksi.

Ajak anak berinteraksi dengann anak sebayanya.





3. Latih berkata "tidak".

Anak juga perlu dilatih berani berkata "tidak" terhadap hal-hal yang dirasakannya tidak sesuai dengan nilai, keyakinan dan harga dirinya.

Jelaskan pada si kecil bila ia merasa keberatan atau tidak nyaman terhadap sesuatu yang diminta orang lain.

4. Ajarkan waktu yang tepat.

Jelaskan kepada anak kapan saatnya anak bisa atau harus mengalah kepada temannya, dan kapan ia harus berkata "tidak". Terutama bila si teman punya tujuan yang kurang baik.

Misalnya, sang teman ingin menguasai anak atau melakukan tindakan-tindakan yang sifatnya bullying.

5. Komunikasi hangat dan terbuka.

Untuk mengembangkan ketrampilan sikap asertif anak, orang tua perlu mendukung dengan memberi pola asuh dan komunikasi hangat dan terbuka.

Pola asuh yang tidak baik akan menumbuhkan sikap ragu, kurang berani, mudah cemas dan selalu mengikuti apa yang diinginkan orang lain tanpa berani menyatakan pendapatnya.

Related Posts:

0 Response to "5 Cara Agar Anak Tidak Selalu Mengalah"

Posting Komentar

Label