4 Manfaat Membaca Buku Bagi Anak

Buah hati masa-masa prasekolah emang belum mahir dengan membaca buku. Namun dengan memiliki bucu bacaan, minimal mereka akan betah duduk lama sambil membolak-balikkan buku di hadapannya.


Jadi, tak ada salahnya sama sekali kita sebagai orang tua mengenalkan sejak dini buku bacaan anak-anak kepada mereka.
Selain melatih duduk yang relatis lebih lama, tenyata buku bacaan prasekolah telah mampu membantu perkembangan motorik kasar dan halus si anak.

Rasa ingin tahu anak juga tumbuh dengan kuat, meskipun kemampuannya masih belum sempurna.




Simbol dan Gambar


Maka dari itu, simbol dan gambar-gambar akan lebih mudah disukai dibandingkan dengan huruf yang terangkai dalam kata atau kalimat. Kenapa? Karena gambar dan warna sangat mudah menarik perhatian anak balita.



Maka ketersediaan gambar-gambar dengan warna yang menarik harus lebih dominan dibandingkan huruf-huruf yang dirangkai dalam kalimat cerita.

4 Manfaat Membaca Buku Bagi Anak


Di tengah maraknya teknologi digital yang ramai saat ini, rupanya buku memiliki kelebihan untuk melatih seorang anak. Buku tak hanya memberikan pengetahuan dan hiburan, namun juga dapat melatih keterampilan dalam belajar.

Apa saja manfaat buku bagi anak?

1. Melatih keterampilan membuka halaman buku.

Pada media digital, anak harus menggunakan telunjuk untuk menghadirkan halaman yang diinginkan. Tapi kalau pada buku, anak harus membuka dulu halaman demi halaman yang mereka inginkan.

Artinya bahwa dia harus memiliki ketrampilan membuka halaman buku, bisa melatih koordinasi visual dan motorik. Selain itu, juga melatih untuk tidak terburu-buru berpindah.

Namun ia memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi setiap detil dari bentuk dan wrna yang disajikan. Yang artinya, hal ini bisa melatih anak dalam ketajaman pengamatannya.

2. Melatih Kemampuan pengamatan secara detil.

Seorang anak yang diberikan buku, maka ia akan memperhatikan isi halaman dengan seksama untuk mencari apa yang buku maksudkan. Dalam hal ini ia akan berlatih untuk menajamkan pengamatan detilnya.

Belum lagi ia akan dikenalkan dengan berbagai macam bentuk simbol selain gambar, sehingga akan memperkaya pengetahuannya.

3. Pada anak yang belum dapat membaca, ia pun harus mendengarkan isi cerita yang disampaikan sehingga bisa melatih kemapuan menyikak dan memaknai apa yang ia dengar.

Kosakata anak akan semakin berkembang. Selain itu, juga melatih anak untuk dan berpikir secara aktif.

4. Melatih pemahaman dan mengingat.

Dalam hal ini, kemampuan memori anak akan dilatih agar memiliki kemampuan mengingat serta pemahaman yang tinggi.

Dengan buku, seorang anak akan belajar kemampuan memilah dan memutuskan apakah suatu gambat atau cerita, ia perhatikan terus atau melangkah ke halaman berikutnya.

Berbeda dengan media digital, dimana anak akan lebih banyak pasif dalam menunggu apa yang akan disajikan oleh program yang ia tonton atau mainkan.

Hal ini akan menghindarkan anak mengalami gangguan fokus dalam penglihatan. Karena kalau terlalu sering mengakses informasi yang bergerak cepat.

Related Posts:

0 Response to "4 Manfaat Membaca Buku Bagi Anak"

Posting Komentar

Label